Label

Menerima - Undangan - Map Ijazah - Map Raport - Sampul Ijazah - Sampul Raport - Mmt/Spanduk - Kalender - Stopmap - Yasin - Sticker - Ijazah - Brosur - Sertifikad - Nota - Poster - Kartu Nama - Kop Surat - Company Profile - Buku Kenangan - Buku Agenda - Piagam - ID Card - Amplop - Paper Bag - Cetak Buku Dll.

Selasa, 16 Februari 2016

CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN BERBEDA DI MICROSOFT WORD


CARA MEMBUAT NOMOR HALAMAN BERBEDA DI MICROSOFT WORD

Tutorial microsoft Office | Sobat pasti pernah dong membaca sebuah buku, dan setiap buku pasti ada yang namanya nomor halaman (page number)  disetiap halamnnya. Pernahkan sobat perhatikan… ketika sobat membuka daftar isi, prakata, kata pengantar dan hal-hal yang berkaitan sebelum isi buku tersebut biasanya di beri nomor halaman dengan angka romawi, sedangkan di halaman isi buku tersebut, baru diberi nomor halaman dengan nomor biasa. Dan terkadang juga antara halaman 1, 3, 5 dst biasa disebut sebagai halaman ganjil itu berada di sisi kanan dan sisi kiri untuk nomer genapnya pada tab footernya.

Tahu kah sobat … membuat nomor halaman yang berbeda seperti itu bisa dilakukan di Microsoft word yang masih dalam satu file atau satu document. Yang pada kesempatan kali ini akan saya share cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft word.

Tutorial ini juga saya persembahkan kepada teman saya, yang dulu pernah bertanya “bagaimana cara membuat nomor halaman berbeda di Microsoft word”. Waktu itu beliau akan membuat tugas dalam PPL-nya, dan ingin memberi nomor halaman dengan angka romawi pada bagian cover makalahnya dan nomor biasa pada halaman isinya.

Oke lah, bagi sobat yang juga ingin membuat makalah atau buku dengan nomor halaman yang berbeda pada halaman tertentu, mari kita mulai belajar Microsoft word bersama.

Cara membuat nomor halaman (page Number) berbeda di Microsoft word
Pada beberapa waktu yang lalu saya pernah share 
Cara Mudah mengedit Atau Menjadi LayOuter baca di link http://sabrinadesain.blogspot.co.id/2016/02/cara-mudah-mengedit-atau-menjadi.html
Nah tutorial Microsoft kali ini adalah pendalaman dari tutorial tersebut. Jadi jika sobat belum tahu cara membuat nomor halaman otomatis di Microsoft word, ada baiknya sobat membaca terlebih dahulu tutorial cara membuat nomor halaman otomatis di Microsoft word

1. Buka buku/makalah yang sudah sobat susun *saya anggap sobat sudah punya file word yang sudah siap di beri halaman berbeda

2. Tambahkan page number seperti biasa, dan atur nomor halaman. Kalau sobat susah mencari tabnya, ada cara yang lebih gapang, ya itu sobat klik kan aja pada footer di bawah, sperti contoh di bawah ini.


3. Tempatkan kursor di akhir halaman yang nomor halamnya ingin berbeda. Contoh; jika sobat ingin membuat halaman tiga dengan nomor halaman yang berbeda, maka kursor di tempatkan di akhir halaman dua.


4. Klik Page layout > Breaks > Next Page atau yang lebih mudah lagi yaitu dengan klik next section apa bila tanda di bawahnya yang bertuliskan link to previous menyala, dengan meng-klik itu link to previous, maka akan berhenti pada halaman itu, pengaturan ini berfungsi untuk memputus setting ada halaman berikutnya. Lihat gambar untuk lebih jelas


5. tempatkan kursor pada halaman berikutnya (halaman yang no halamannya akan di setting berbeda), kemudian klik Insert > Page number > format page number, lalu atur seperti gambar berikut ini


Sampai di sini sobat sudah sukses membuat nomor halaman berbeda di satu file dengan Microsoft word. Jadi sekarang jika sobat ingin membuat nomonr halaman berbeda untuk makalah, tak perlu lagi membuat document word menjadi dua file. Untuk hasil akhirnya, sobat bisa melihatnya pada screenshot paling atas.


Selesai sudah tutorial Microsoft kali ini. sampai jumpa lagi pada tutorial berikutnya. Semoga membantu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar